SMS Banking Mandiri : 6 Cara Daftar, Format Cek Saldo

Bank tidak hanya menawarkan fasilitas penyimpanan ataupun pinjaman uang dengan persyaratan tertentu, namun menawarkan fasilitas lainnya. Hampir setiap bank memiliki layanan pelanggan yang sama, contohnya seperti akses internet banking, mobile banking dan sebagainya.

Bank Mandiri sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia dan telah memiliki jumlah nasabah banyak ini juga menawarkan berbagai macam layanan, salah satunya SMS Banking Mandiri. Layanan ini memberikan akses kemudahan bagi para pelanggannya dalam melakukan berbagai macam akvititas perbankan.

Pengenalan SMS Banking Bank Mandiri

pengenalan-sms-banking-mandiri

SMS Banking Bank Mandiri merupakan salah satu produk layanan Bank Mandiri bagi pelanggan setianya. Setiap pelanggan memiliki hak yang sama dalam mendapatkan fasilitas layanan ini secara gratis. SMS banking ini memberikan kemudahan nasabah dalam bertransaksi tanpa menggunakan jaringan internet.

Umumnya ada banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan melalui SMS banking ini, salah satunya adalah melakukan transfer uang. Ini menjadi solusi yang tepat jika suatu waktu tidak terknoeksi dengan jaringan internet dan ingin melakukan transaksi yang penting.

Perlu dicatat bahwa nasabah setidaknya harus memiliki pulsa yang memadai untuk melakukannya. Bank Mandiri sendiri memiliki kode USSD sendiri dalam hal penggunakan SMS banking ini. Biaya yang harus ditanggung nasabah juga beragam, tergantung dari operator jaringan yang digunakan.

Cara bikin SMS Bank Mandiri sendiri dapat dilakukan ketika awal pembukaan buku tabungan atau kapan saja ketika membutuhkan. Namun sangat disarankan untuk mengaktifkannya ketika awal pembukaan buku tabungan agar nantinya tidak perlu mengurus lagi ke bank.

Cara Daftar Baru dan Mengaktifkan SMS Banking Mandiri

1. Melalui ATM 

Melalui-ATM

  1. Persiapkan kartu ATM, kemudian kunjungi ATM Mandiri terdekat.
  2. Lakukan langkah awal seperti biasa, seperti memasukkan kartu ATM dan PIN.
  3. Pada menu utama, pilih Transaksi Lainnya.
  4. Pilih Pendaftaran e-Banking, kemudian SMS Banking dan pilih Pendaftaran SMS Banking.
  5. Mulailah dengan memasukkan nomor HP yang digunakan untuk pendaftaran. Pastikan nomor aktif dan pulsa yang mencukupi.
  6. Masukkan PIN SMS Banking sesuai keinginan. Buatlah PIN yang mudah diingat, namun hindari penggunaan PINmenggunakan tanggal lahir dan sejenisnya karena hal tersebut rawan pembobolan.
  7. Klik selanjutnya, lalu input tanggal lahir yang benar sesuai KTP dan klik Next.
  8. Tunggu beberapa saat sampai ada SMS dari pihak Bank Mandiri yang berisikan kode OTP dari nomor SMS Banking Mandiri
  9. Segera masukkan kode OTP tersebut ke halaman yang tertera.
  10. Proses pendaftaran lewat ATM selesai dan nasabah hanya dapat menggunakan beberapa fitur saja. Untuk mengaktifkan fitur lengkap, nasabah harus ke CS bank untuk mengaktifkannya.
  11. Kunjungi Bank Mandiri dan bawalah dokumen seperti KTP, buku tabungan, ATM dan nomor HP yang didaftarkan sebelumnya.
  12. Ambil antrian CS dan tunggu sampai giliran dipanggil.
  13. Setelah giliran terpanggil, katakan kepada CS bahwa ingin mengaktifkan SMS banking yang sebelumnya telah mendaftar via ATM.
  14. Nasabah umumnya akan diberikan formulir untuk mengisikan data tertentu sebagai bukti pihak bank.
  15. Lakukan pengisian formulir dan tunggu beberapa saat sampai CS mengaktifkannya.
  16. Setelah diaktifkan, cobalah untuk mengecek mutasi atau saldo rekening melalui SMS banking tersebut.

2. Melalui CS Langsung 

Melalui-CS-Langsung

  1. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti buku tabungan, KTP, ATM dan nomor HP yang aktif dan memiliki pulsa.
  2. Kunjungi Bank Mandiri dan ambil antrian untuk CS sepagi mungkin agar lebih awal.
  3. Setelah dipanggil oleh CS sesuai nomor antrian dan CS akan menanyakan keperluan, maka jawablah ingin mengaktifkan SMS banking.
  4. CS biasanya akan meminta nasabah untuk memberikan buku tabungan, KTP dan ATM untuk proses pengaktifan dan juga formulir yang harus diisi.
  5. Isilah formulir pendaftaran tersebut sesuai data yang dibawa seperti nama, nomor kartu ATM, nomor rekening dan nomor HP yang ingin didaftarkan.
  6. Serahkan formulir ke CS jika sudah selesai mengisi.
  7. Tunggu beberapa saat karena CS sedang melakukan proses pendaftaran ke sistem dan proses mengaktifkan.
  8. Nasabah nantinya akan mendapatkan SMS berupa PIN Mandiri SMS secara default dari pihak bank.
  9. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah segera ganti pin default tadi.
  10. Format pergantian PIN adalah PIN PIN-lama PIN-baru, kemudian kirim ke 3355. Contoh : “PIN 123456 373098” dan klik send ke 3355.
  11. Setelah berhasil mengganti PIN, cobalah beberapa menunya terlebih dahulu.
  12. Jika tidak ada kendala, selamat proses registrasi dan pengaktifan SMS banking telah selesai!

Format Penggunaan SMS Banking

1. Cek Saldo Rekening

Cek-Saldo-Rekening

Format : SAL (kode nomor rekening) (4 digit terakhir nomor rekening)*

Contoh : SAL 2 3980

2. Cek Mutasi Terakhir

Cek-Mutasi-Terakhir

Format : TRN (kode nomor rekening) (4 digit terakhir nomor rekening)*

Contoh : TRN 2 3980

3. Cara Transfer SMS Banking Mandiri

Cara-Transfer-SMS-Banking-Mandiri

a. Cara Transfer ke Sesama Bank Mandiri

Format : TRT (kode rekening sendiri) (nomor rekening tujuan) (jumlah)

Contoh :

TRT 1 456789012  456789012

Pastikan nomor rekening, nama penerima dan jumlah transfer sudah benar.

Masukkan PIN sebagai konfirmasi.

b. Cara Transfer ke Bank Lain

Format : TRB (kode rekening sendiri) (kode bank tujuan) (nomor rekening tujuan) (jumlah)

Contoh ke BRI :

TRB 1 002  456789012 458901234

Pastikan kode bank, nomor rekening, nama penerima dan jumlah transfer sudah benar.

Masukkan PIN sebagai konfrimasi.

*Catatan :

Format ini hanya berlaku bagi nasabah yang memiliki lebih dari satu rekening tabungan yang terdaftar pada SMS Banking. Apabila hanya terdapat satu rekening tabungan, maka Kode Nomor Rekening tidak perlu disertakan dan langsung 4 digit terakhir nomor rekening.

Bagaimana Jika SMS Banking Terblokir atau Lupa Pin ?

Bagaimana-Jika-SMS-Banking-Terblokir

Salah satu alasan utama layanan SMS banking diblokir oleh pihak bank adalah karena salah dalam memasukkan PIN sebanyak 3x berturut-turut. Hal tersebut dianggap pembobolan oleh sistem karena mencoba memasukkan digit nomor yang tidak sesuai dengan yang telah dibuat sebelumnya.

Jika SMS banking telah diblokir secara sepihak oleh pihak bank, hanya ada dua kemungkinan. Pertama karena ada orang asing yang berusaha membobol SMS banking nasabah. Kedua karena kesalahan nasabah sendiri karena lupa mencatat ataupun mengingat PINSMS banking sendiri.

Untuk mengaktifkannya kembali, mau tidak mau nasabah harus mengurusnya ke kantor cabang ataupun pusat. Datanglah dengan membawa dokumen yang diperlukan sama seperti ketika mengaktifkan pertama kali. Katakan kepada CS bahwa SMS banking telah terblokir dan ingin mengaktifkannya kembali.

Bagaimana Cara Berhenti Dari Layanan SMS Banking Bank Mandiri? 

Bagaimana-Cara-Berhenti-Dari-Layanan-SMS-Banking-Bank-Mandiri

1. Via Call Center

  • Cara melakukan penonaktifkan SMS banking Bank Mandiri jika urgent bisa melalui call center Bank Mandiri di 1400.
  • Pastikan memiliki pulsa yang mencukupi untuk melakukan telepon ini karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar.
  • Persiapan dokumen seperti buku tabungan, ATM dan KTP untuk menjawab beberapa pertanyaan nanti.
  • Di awal, ikuti instruksi dan pilih nomor untuk ditujukan ke CS Call Center.
  • Setelah terhubung dengan CS Call Center, katakan bahwa ingin menonaktifkan SMS banking.
  • Jika ditanya apa alasannya, jawablah sejujur-jujurnya.
  • Umumnya pihak Call Center akan menanyakan data umum seperi nama, tanggal lahir, nama ibu dan sebagainya. Jawablah dengan benar agar proses berhasil.
  • Tunggu beberapa saat hingga pihak Call Center memberikan konfirmasi bahwa penonaktifan telah berhasil.

2. Via CS Bank

  • Datanglah ke cabang atau pusat Bank Mandiri dengan membawa dokumen yang diperlukan seperti buku tabungan, ATM dan KTP.
  • Ambil antrian CS dan tunggu sampai giliran dipanggil.
  • Jika sudah gilirannya, katakan kepada CS bahwa ingin menonaktifkan SMS banking tersebut.
  • Nasabah nanti diminta untuk mengisi data pada formulir permintaan dan menyerahkan dokumen yang diperlukan.
  • Tunggu beberapa saat sampai CS selesai memproses penonaktifan tersebut.
  • Nantinya CS akan mengkonfirmasi bahwa penonaktifan telah selesai dan nasabah sudah tidak bisa menggunakan layanan SMS banking tersebut.

Biaya Pulsa SMS Banking Bank Mandiri

Biaya-Pulsa-SMS-Banking-Bank-Mandiri

Seperti yang telah disinggung bahwa harga SMS masing-masing operator jaringan berbeda-beda tergantung kebijakan masing-masing operator. Umumnya biaya yang dibebankan kepada penggunanya berkisar Rp500,00 saja, namun ada yang lebih tergantung kodetransaksinya.

Biaya untuk operator jaringan Telkomsel sendiri berkisar Rp500,00-Rp600,00 saja. Berbeda lagi dengan operator jaringan XL dan Indosat berkisar Rp500,00-Rp1000,00 tergantung dari kode transaksi yang dilakukan. Untuk operator jaringan lain biasanya tidak jauh dari harga normalnya.

Apabila pulsa dalam masa tenggang, maka tidak dapat digunakan untuk akses SMS banking. Jika nasabah menggunakan kartu pra bayar, maka biaya tersebut akan langsung dipotong dari pulsa yang dimiliki. Berbeda lagi jika nasabah menggunakan kartu pasca bayar, maka akan dibebankan pada tagihan bulanan sesuai dengan jumlah aksesnya.

Baik pengguna kartu pra bayar ataupun pasca bayar, sebaiknya lebih bijak dalam memanfaatkan layanan ini. Terlebih jika operator jaringan masing-masing mentapkan harga layanan yang lumayan tinggi, maka akan menghabiskan pulsa lebih cepat dibandingkan biasa.

Kesimpulan

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan dalam bidang perbankan kini semakin lebih baik seperti penggunaan SMS banking Mandiri di atas. Kemudahan dalam mendaftar dan mengaktifkannya merupakan layanan yang tidak boleh dilewatkan.

Terlebih dengan fasilitas yang ditawarkan seperti dapat melakukan transfer uang, cek mutasi, pengisian pulsa dan berbagai macam pembayaran yang didukung. Hanya dengan melalui genggaman ponsel, sebagian besar transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

 

Lihat Juga :

7 Cara Kontak CS Bank Mandiri 24 Jam, Email, WA, Sosmed

10 Cara Kontak Call Center Bank BRI 24 Jam, Email, Sosmed