2 Cara Root Hp Oppo A3S Dan A37f Tanpa PC (Sukses)

Anda harus mengetahui Cara root HP Oppo bagi yang punya smartphone ini. Root adalah langkah supaya pemilik ponsel punya hak akses penuh atas smartphonenya. Kapan root harus dilakukan? Misalnya jika ingin ganti ROM Oppo, jika tidak melakukan root maka tidak bisa ganti ROM tersebut.

Meskipun sering dilakukan, melakukan root juga ada efek atau resikonya. Misalnya pemilik smartphone akan kehilangan masa garansi smartphone. Sering juga terjadi bootloop jika proses root tidak berhasil. Bahkan sering kali smartphone mati total karena root yang tidak sempurna.

Cara Root HP Oppo A3S Sukses Tanpa PC (Anti Gagal)

Cara-Root-HP-Oppo-A3S-Sukses-Tanpa-PC-Anti-Gagal

Semua HP Oppo bisa diroot asalkan tahu cara dan panduannya. Setiap seri Oppo juga memiliki cara berbeda sehingga bisa disesuaikan dengan ponsel masing-masing. Misalnya seperti Oppo Seri A71, seri Neo dan sebagainya. Meskipun demikian, seri Oppo yang sering diroot adalah seri A3S.

Tidak heran karena seri ini paling banyak digunakan oleh masyarakat Ponsel ini cukup mantap digunakan karena spesifikasinya yang cukup memenuhi kebutuhan pengguna. Belum lagi kualitas jepretan yang mumpuni. Meskipun begitu, tidak sedikit yang merasa kurang puas.

Sebut saja tidak bisa mendownload aplikasi lebih banyak. Akhirnya proses root dilakukan dengan segala tujuan yang diinginkan para pengguna. Cara root Oppo juga sangat beragam.  Bisa memakai PC atau tidak menggunakan PC. tentu saja setiap cara tersebut mempunyai kelebihan masing-masing.

Di artikel ini akan dibahas cara untuk root tanpa menggunakan PC. Pasalnya cara ini paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone ini. Bagi yang ingin mencoba, silahkan cek langkah berikut:

  1. Langkah pertama, buka dulu menu setting yang tersedia di perangkat ponsel Oppo masing-masing pengguna. Di menu tersebut, pilih menu keamanan atau security sesuai ponsel masing-masing.
  2. Cari menu tambahan di Setting yang namanya Device Administration. Pada menu tersebut, aktifkan sumber tidak dikenal atau Unknown Source. Cukup berikan centang di bagian sampingnya saja.
  3. Berikutnya, unduh juga aplikasi Kingroot yang akan digunakan sebagai sarana root ponsel ini. Kunjungi situs dan download aplikasinya agar root bisa dilakukan dengan baik. Masuk saja ke website https://kingroot.net/ untuk download aplikasi tersebut. Pastikan mengunduh aplikasi versi terbaru agar fitur yang tersedia lebih lengkap.
  4. Tunggu hingga proses pengunduhan aplikasi selesai dilakukan.
  5. Setelah terdownload, buka aplikasi dan proses rooting bisa segera dilakukan.

cara-root-oppo-a3s-kingroot

  • Cukup tekan tombol biru dengan tulisan Start Root di aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya, proses root di ponsel A3s bisa langsung dimulai. Perlu diketahui jika aplikasi ini bisa digunakan untuk rooting seri Oppo lain seperti Neo 7, Neo 5, Neo 9 dan seri lainnya.
  • Tunggu saja hingga proses root selesai dilakukan oleh aplikasi. Setelah sukses dan berhasil, nanti di aplikasi akan ada tulisan¬†Root Successfully.

Root-Successfully

  • Terakhir, pengguna tidak merestart ponsel Oppo masing-masing. Hal tersebut bertujuan agar proses rooting bisa dilakukan dengan sempurna hingga akhir.

 

Cara root HP Oppo tanpa PC menggunakan aplikasi KingRoot bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja sesuai keinginan pengguna. Sesuai namanya, pengguna tidak menggunakan PC sehingga lebih mudah dilakukan.

Dengan kemudahan tersebut, cara root ini sering digunakan dibanding cara lain seperti menggunakan PC. Bagi yang ingin melakukan root pada ponsel Oppo, sebelum melakukannya, usahakan untuk memback up semua data yang tersimpan.

Pasalnya saat root dimulai, data yang tersimpan di ponsel cenderung akan hilang atau terhapus. Ada baiknya memindahkan data tersebut ke laptop, komputer, memoti eksternal atau flashdisk. Dengan melakukan root, ponsel akan bekerja lebih maksimal dan optimal dibanding sebelumnya.

 

Cara Root HP Oppo A37f Paling mudah Tanpa Menggunakan PC

Cara-Root-HP-Oppo-A37f-Paling-mudah-Tanpa-Menggunakan-PC

Selain Oppo seri A3s, A37f juga sering diroot karena alasan tertentu. Misalnya ingin mengubah space penyimpanan agar tidak terbatas atau tujuan lain. Sama dengan sebelumnya, cara root ponsel ini bisa dengan tanpa PC.

Sebenarnya, cara root tanpa PC ini berlaku untuk semua seri Oppo, contohnya seperti A71, Neo 7, Neo 5, Neo 9, A3s dan masih banyak lainnya. Jadi sesuaikan saja dengan ponsel masing-masing. Jika ingin melakukan root tanpa PC, pengguna harus menggunakan software atau aplikasi tambahan.

Aplikasi tersebut membuat proses root tidak menggunakan PC lebih mudah dilakukan. Banyak aplikasi root yang sering dipakai. Di artikel ini, nama-nama aplikasi tersebut akan disebutkan dan cara merootnya. Bagi yang sudah ingin meroot ponsel A37f, berikut caranya:

1. Menggunakan aplikasi KingRoot

Aplikasi pihak ketiga yang sering digunakan untuk root ponsel Oppo adalah KingRoot. Sebenarnya bukan hanya Oppo saja tapi hampir semua merek smartphone. Mulai dari Xiaomi, Samsung, Apple, LG, dan masih banyak lainnya. Berikut cara rootnya

  • Pertama-tama, buka Play Store untuk mendownload dan install aplikasi KingRoot yang akan digunakan.
  • Bagi yang ada permasalahan instal berupa pemasangan dicekal atau masalah sejenisnya, buka dulu menu settingponsel masing-masing. Pilih lock screen and security. Jangan lupa aktifkan fitur sumber tidak dikenal di perangkat dengan mencentangnya. Kemudian, klik OK.
  • Setelah aplikasi terdownload, buka aplikasi KingRoot.

cara-root-oppo-a37f-dengan-kingroot

  • Di bagian beranda atau halaman awal, nanti ada menu Try Root, klik saja dan setelah itu pilih Get Now.
  • Langkah berikutnya tinggal menunggu proses rooting yang dilakukan oleh aplikasi. Ada baiknya jangan melakukan apapun pada ponsel ketika root ini berlangsung. Tujuannya agar root tidak gagal atau terganggu.
  • Selanjutnya jika root berhasil, akan muncul tanda ceklis hijau. Itu tanda jika proses rooting menggunakan aplikasi berjalan dengan baik tanpa ada gangguan.
  • Supaya memastikan aplikasi berhasil melakukan root sesuai keinginan, download juga Root Checker.

2. Menggunakan Aplikasi Oppo Tools

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, cara root HP Oppo mudah itu bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang kini sudah banyak tersedia. Contohnya seperti Oppo Tools. Berikut cara rootnya:

  • Pertama, download dulu aplikasi root yang diperlukan. Aplikasi ini hanya berlaku untuk pengguna ColorOS Ketikkan nama aplikasi Oppo Tools supaya cepat dalam pencariannya.
  • Setelah terdownload, buka aplikasi dan mulai proses root pada ponsel Oppo masing-masing. Langkah pertama cukup dengan tab bagian Common dan klik menu Root pada aplikasi saja.
  • Selanjutnya akan ada tulisan Install Oppo Tools Plugin. Lanjutkan saja dengan klik next pada menu yang sudah tersedia.

common-oppo-tools

  • Setelah itu cari menu Oppo Tools dan klik untuk memulai rooting. Nanti ada menu Common, klik saja menu tersebut.
  • Pilih root dan terakhir klik One Key Root.
  • Selesai, tunggu hingga proses rooting ini selesai dilakukan. Setelah berhasil biasanya smartphone langsung melakukan restart secara otomatis. Ini tanda jika proses rooting yang dilakukan sudah berhasil sesuai keinginan pengguna.

oppo-tools-unroot

  • Bagi yang menyesal melakukan root pada seri Oppo, cukup dengan unroot pada aplikasi saja. Caranya tidak terlalu sulit, masuk ke menu Common dan pilih Unroot. Berhasil, ponsel yang sudah diroot akan kembali ke pengaturan awal sebelum di root.

Proses root ini bisa dilakukan di seri lain seperti A71 atau sebagainya. Bahkan merek ponsel lain juga bisa menggunakan root ini. Hanya saja lakukan langkah root dengan benar sesuai panduan yang sudah diberikan sebelumnya.

3. Menggunakan Aplikasi FramaRoot

Bagi yang gagal dengan proses root sebelumnya, gunakan saja aplikasi pihak ketiga lain seperti FramaRoot. Aplikasi ini cukup populer dan bisa digunakan di android. Pasalnya tidak sulit untuk dilakukan karena hampir sama dengan sebelumnya.

Aplikasi ini memiliki rating yang bagus karena sukses meroot berbagai ponsel dengan baik tanpa gangguan. Bagi yang ingin ingin melakukan root tidak menggunakan PC, terapkan cara berikut:

  1. Pertama, buka dulu Playstore untuk mendownload dan menginstall aplikasi. Ketikkan nama aplikasi FramaRoot pada menu pencarian agar proses download cepat selesai
  2. Klik download dan install pada bagian bawah aplikasi dan tunggu hingga proses download selesai.
  3. Setelah download selesai, buka aplikasi FramaRoot untuk menjalankan proses root berikutnya.

framaroot-oppo-a37f

  1. Pada bagian halaman depan, pilih Install SuperSu.
  2. Pilih menu Boromir di menu berikutnya.
  3. Tunggu hingga proses instal SuperSu selesai dilakukan.
  4. Jika sudah selesai, lihat di bagian menu aplikasi tadi. Apakah ada nama aplikasi tambahan bernama SuperSu. Jika ternyata aplikasi tadi sudah ada, maka proses rooting pada ponsel A37f berhasil dilakukan.
  5. Agar memastikan root benar-benar sudah dilakukan di ponsel, jangan lupa untuk mendownload aplikasi tambahan seperti Root Checker agar bisa mengecek ponsel masing-masing sudah di root atau belum.

root-checker-oppo

Lantas bagaimana jika root terus gagal padahal sudah menggunakan tiga aplikasi tersebut? Kemungkinan besar ponsel sudah di root sebelumnya. Hanya saja file binary sudah terhapus. Solusinya bisa di downgrade dan kembali di unroot agar ponsel normal kembali.

Cara root HP Oppo A3S dan A37f tanpa menggunakan PC tergolong sangat mudah dilakukan. Tidak heran jika pemula sering mencoba-coba untuk menerapkannya. Meskipun demikian, tetap saja harus hati-hati agar tidak terkena dampak merugikan pada ponsel.

 

Lihat Juga :

  1. 2 Cara Flash Lenovo A6000 Matot Via SD Card/Qfil (Sukses)
  2. 9 Custom ROM Xiaomi Redmi 4X Gaming Terbaru