Terbaru 4+ Cara Cek Kuota Indihome Gak Pake Lama

FUP atau Fair Usage Policy sudah hampir 4 tahun diberlakukan oleh layanan internet IndiHome. Singkatnya, kecepatan internet akan diturunkan ketika internet melebihi ambang batas FUP yang ditetapkan.

Tentunya sebagai pengguna IndiHome, Anda menginginkan kecepatan yang stabil dan FUP yang bisa dihemat. Oleh karena itu, mengecek FUP IndiHome perlu dilakukan dengan tepat. Seperti apa sajakah cara cek kuota IndiHome? Simak ulasannya berikut ini.

 

Cara Cek Kuota Indihome dengan Mudah

Semakin tinggi kecepatan internetnya, batasan FUP juga akan semakin jauh. IndiHome membagi batasan FUP menjadi FUP 1 dan FUP 2, dimana keduanya memiliki perbedaan tingkat penurunan kecepatan internet.

Kecepatan internet akan diturunkan sebesar 75% ketika Anda telah mencapai batas FUP 1. Sedangkan ketika Anda mencapai batasan FUP 2 kecepatan internet akan dikurangi lagi sebesar 40%, Anda bisa mengetahui batasan FUP dengan cara-cara yang mudah di bawah ini.

1. Cara Mengetahui Kuota Internet IndiHome Via Call Center 147

Cara-Mengetahui-Kuota-Internet-IndiHome-Via-Call-Center-147

Pastikanlah pulsa Anda mencukupi untuk melakukan panggilan via call center IndiHome, karena akan dikenakan biaya sebesar Rp 1.000 per menit.

Ini adalah salah satu cara yang cocok bagi Anda yang sedang membutuhkan informasi pemakaian kuota dengan cepat, asalkan telepon terhubung dengan benar ke customer service.

Cara- caranya pun cukup mudah, yaitu sebagai berikut :

  1. Siapkanlah smartphone atau telepon rumah untuk menghubungi call center.
  2. Menelepon nomor layanan call center IndiHome

Anda harus memberi kode telepon daerah masing-masing di depan nomor layanan call center IndiHome. Misalnya kode telepon untuk daerah di bawah ini :

Jakarta = 021

Bogor = 0251

Depok = 021

Yogyakarta = 0274

Misalnya, Anda tinggal di Bogor, berarti 0251 ditambah nomor call center IndiHome 147 sehingga nomor yang harus Anda tekan untuk menelepon adalah 0251147. Atau Anda tinggal di Yogyakarta, maka nomor yang harus dihubungi adalah 0274147 dan seterusnya.

  1. Setelah menekan nomor yang dituju, tunggulah beberapa saat sampai terhubung dengan customer service IndiHome.
  2. Ketika sudah tersambung, langsung saja sampaikan tujuan Anda untuk mengecek kuota atau FUP IndiHome.

Catatan :

Pihak customer service biasanya akan menanyakan identitas pemilik IndiHome serta nomor IndiHome Anda untuk proses validasi data. Anda bisa menanyakan batasan FUP IndiHome dari paket layanan yang sudah dibeli, begitu pula dengan kuota yang telah terpakai.

  • Ketika Anda sudah mendapatkan semua informasi mengenai kuota internet IndiHome, maka segera akhiri panggilan.

Catatan :

Selain mengubungi call center melalui nomor 147, Anda juga bisa memanfaatkan medial social customer care IndiHome untuk meminta bantuan customer service.

2. Cara Mengetahui Kuota IndiHome Melalui Plasa Telkom

Cara-Mengetahui-Kuota-IndiHome-Melalui-Plasa-Telkom

Anda bisa datang ke Plasa Indihome terdekat di kota Anda setiap hari Senin s/d Jumat jam 08.00 – 16.00, untuk hari Sabtu jam 08.00 – 12.00, sedangkan untuk hari minggu Plasa IndiHome tidak buka/libur.

  1. Siapkan dokumen atau berkas kepemilikan IndiHome yang telah Anda daftarkan. Customer service akan melakukan validasi data pemilik akun IndiHome. Oleh karena itu, catatlah nomor IndiHome Anda serta jangan lupa membawa KTP.
  2. Setelah dokumen siap, datanglah ke Plasa IndiHome kemudian mengambil nomor antrian customer service dari mesin antrian.
  3. Setelah nomor Anda dipanggil, sampaikanlah kepada CS mengenai maksud dan tujuan Anda untuk melakukan pengecekan kuota IndiHome.

Catatan :

Pada tahap ini, customer service akan melakukan validasi data terlebih dahulu mengenai kepemilikian akun internet IndiHome yang Anda daftarkan sebelumnya.

CS akan meminta kepada Anda nomor IndiHome dan kartu identitas. Kemudian CS akan menjelaskan detail produk paket internet beserta kuota beserta batas FUP yang Anda miliki.

  • Setelah Anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan, silahkan akhiri layanan customer service IndiHome.

3. Cara Mengetahui Kuota IndiHome Melalui Fanspage Facebook IndiHome

Cara-Mengetahui-Kuota-IndiHome-Melalui-Fanspage-Facebook-IndiHome

Pastikan Anda memiliki akun Facebook terlebih dahulu. Jika belum memiliki akun Facebook, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu menggunakan email atau nomor HP.

  1. Login ke akun Facebook pribadi yang Anda miliki
  2. Buka fanspage Facebook IndiHome lalu tekan like untuk mempermudah Anda terhubung
  3. Klik pilihan Kirim Pesan. Kemudian, mulailah chat admin Facebook IndiHome perihal maksud dan tujuan Anda untuk mengecek kuota internet IndiHome, batas FUP, serta tagihan IndiHome.

Catatan :

Ketika Anda memutuskan menggunakan cara ini, CS fanspage IndiHome di Facebook tidak selalu online setiap saat sehingga Anda harus sedikit bersabar sampai mendapat balasan. Namun, biasanya chat akan dibalas admin sekitar 10 menit setelah mengirim pesan.

4. Cara Mengetahui Kuota IndiHome Melalui Aplikasi MyIndiHome

Cara-Mengetahui-Kuota-IndiHome-Melalui-Aplikasi-MyIndiHome

  • Download dan install aplikasi MyIndiHome di Google Playstore (bagi Anda pengguna Android) atau di AppStore (bagi pengguna iPhone).
  • Ketika sudah diinstall, login ke aplikasi MyIndiHome dengan memasukkan email dan kata sandi. Selanjutnya klik Masuk.

 

Bagaimana Jika Belum Memiliki Akun di Aplikasi Myindihome?

Bagaimana-Jika-Belum-Memiliki-Akun-di-Aplikasi-Myindihome

Maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi MyIndiHome yang sudah terpasang, kemudian pilih menu Buat Akun
  2. Masukkan informasi data yang diminta seperti nama, email, nomor telepon, membuat kata sandi, dan lain-lain.
  3. Jika sudah mengisi data dengan benar, klik Daftar
  4. Ketika sudah memiliki akun dan login di aplikasi MyIndiHome, cari dan klik tombol Menu berupa ikon tiga garis di bagian pojok kiri atas.
  5. Selanjutnya, cari dan pilih Status Langganan.
  6. Anda pun sudah bisa melihat informasi detail mengenai status pemakaian kuota serta tagihan intenet IndiHome.

Catatan :

Sebelumnya, aplikasi MyIndiHome dapat menampilkan detail informasi mengenai data pemakaian internet serta batasan FUP. Namun, setelah aplikasi mengalami update terbaru, informasi batasan FUP sudah tidak ditampilkan lagi di aplikasi ini.

5. Cara Mengetahui Kuota IndiHome dengan SMS

Cara-Mengetahui-Kuota-IndiHome-dengan-SMS

Cara ini bisa dibilang paling sederhana dan mudah dilakukan. Anda hanya tinggal mengirim SMS dengan format yang telah ditentukan ke nomor 98108. Pastikan pulsa Anda mencukupi karena cara ini tidak gratis, melainkan dikenakan biaya Rp 350 per SMS.

  1. Format SMS untuk mengecek kuota internet Indihome adalah sebagai berikut :
  2. ISP (spasi) IH (spasi) kode telepon daerah Anda dan nomor telepon rumah (IndiHome).
  3. Kemudian kirim ke 98108.

Contohnya jika Anda tinggal di Jakarta dan hendak melakukan cara ini maka format SMS nya adalah : ISP IH 021777280797.

Kesimpulan

Sesuai uraian di atas, terdapat lima cara mengecek kuota internet IndiHome yang bisa Anda pilih untuk mengetahui seberapa besar kuota internet atau batasan FUP yang telah digunakan. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan cara yang menurut Anda paling mudah diakses.

Jika Anda membutuhkan informasi pemakaian kuota internet IndiHome dengan cepat, sebaiknya menggunakan cara call center 147. Karena jika Anda memilih cara menghubungi fanspage IndiHome, kemungkinan Anda harus lebih sabar menunggu balasan meskipun cara di Facebook gratis.

 

Lihat Juga Tips dan Trik Lainnya :

  1. 12 Cek + Perpanjang Masa Aktif Smartfren + Mengaktifkan Kartu

  2. 4 Cara Cepat Mengganti IP Address Windows dan Android

  3. 12 Paket Internet Simpati Loop Terbaru Murah + Cara Daftar

  4. 10 Cara Cek Kuota SmartFren Unlimited, Andromax Gsm 4g

  5. 7 Cara Beli Kuota dan Paket Voucher Wifi ID Untuk Internetan

  6. 9 Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul Saat Download