11 Aplikasi Desain Rumah Android dan Ios (Fitur Lengkap)

Diposting pada

excite.co.id – Sebelum memutuskan untuk membangun sebuah hunian, tentunya ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah posisi, penempatan setiap ruang interior (kamar tidur, dsb), dan juga eksterior. Ini perlu dilakukan supaya rumah terasa nyaman saat ditempati nantinya.

Desain rumah dapat dibuat secara manual dalam bentuk sketsa dengan pensil dan kertas. Namun bagaimana dengan yang tidak memiliki skill menggambar? Sebenarnya tidak perlu cemas, karena saat ini ada berbagai aplikasi desain rumah yang akan membantu mewujudkan hunian idaman.

11 Aplikasi Desain Rumah Android dan iOS

Sedang mencari aplikasi desain rumah android offline untuk android dan ios yang dapat diakses tanpa internet? Silahkan simak langsung referensinya di bawah ini:

1. Houzz Interior Design Ideas

Houzz-Interior-Design-Ideas

Berbeda dengan aplikasi desain lain, Houzz menawarkan konsep berupa sharing ideas. Penggunanya akan mendapatkan akses untuk melihat beragam ide, cerita, dan gambar desain yang dibuat oleh pengguna lain. Jadi, tinggal cari sesuai keinginan saja.

Aplikasi ini sudah di download oleh lebih dari 1,5 juta orang, dengan jutaan foto desain interior maupun eksterior beresolusi tinggi ditawarkan. Jadi, pengguna tidak harus bersusah payah memulai mendesain dari awal. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan, bukan?

2. Room Creator Interior

Room-Creator-Interior

Seperti namanya, Room Creator Interior ini dirancang khusus untuk melakukan desain bagian dalam (interior) rumah saja. Meskipun begitu, tetap sangat recommended untuk diunduh khususnya bagi yang ingin membangun hunian. Hal ini dikarenakan adanya fitur antarmuka.

Cara penggunaannya juga terbilang mudah. Sehingga pengguna tidak akan kesulitan dalam mempelajarinya. Konsep yang diusung aplikasi ini adalah drag and drop, karena barang-barang telah disediakan. Pengguna tinggal meletakkan di tempat yang diinginkan saja.

Meskipun Room Creator Interior tidak memungkinkan pengguna untuk menyelesaikan seluruh desain interior ruangan sekaligus. Namun tidak perlu merasa khawatir, karena proses pengerjaannya tidak akan memakan waktu lama. Hanya butuh sekitar 15 menit saja.

3. Home Design 3D

Home-Design-3D

Tidak jauh berbeda dengan Room Creator Interior, aplikasi satu ini juga mengusung konsep drag and drop. Jadi, sangat dianjurkan untuk yang tidak mahir dalam membuat gambar secara detail. Ini karena pengguna hanya perlu menempelkan furniture rumah saja.

Contoh mudahnya adalah, apabila ingin menambahkan jendela. Pengguna tidak perlu mendesain jendela dari titik Nol, karena tinggal memilih model desain yang telah disediakan. Setelah itu, langsung saja letakkan pada bagian jendela yang sedang dikerjakan.

Home Design 3D memiliki opsi berupa Dua Dimensi (2D), dan Tiga Dimensi (3D). Selain itu juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti mengubah ukuran, ketinggian, warna, posisi komponen, hingga percantikan rumah.

Tidak mengherankan jika aplikasi desain rumah android 3D ini sudah diunduh oleh lebih dari tiga puluh juta pengguna. Bagi pengguna ios, aplikasi Home Design 3D juga dapat dijadikan alternatif solusi terbaik.

4. Magicplan

Magicplan

Aplikasi ini sangat cocok bagi pemula maupun yang sudah profesional. Ada beragam fitur canggih yang dijamin bakalan membuat desain rumah tampak lebih bagus. Hanya dalam hitungan menit saja, siapapun bisa merancang rumah mewah dengan Magicplan.

Fitur unggulan dari Magicplan antara lain adalah augmented reality. Namun untuk bisa mengaksesnya, smartphone harus memiliki dukungan terhadap Project Tango. Untuk desain 3D, maka bisa mengambil gambar menggunakan kamera smartphone.

5. Planner 5D

Planner-5D

Selain menawarkan mode 2D dan 3D, aplikasi desain rumah Planner 5D juga menawarkan mode Virtual Reality. Jadi, desain yang dibuat kelihatan lebih real. Menariknya, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat rancangan interior serta eksterior bangunan.

Apabila pengguna merasa belum menguasai cara kerja Planner 5D, maka bisa memilih opsi katalog rumah yang sudah selesai. Namun, katalog yang disediakan untuk versi gratis ini sangat terbatas, hanya 150. Kalau ingin lebih lengkap, silahkan upgrade ke versi berbayar.

6. Homestyler (Interior Design and Decorating Ideas)

Homestyler-Interior-Design-and-Decorating-Ideas

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mendesain hunian secara virtual selayaknya desainer interior profesional. Cara penggunaannya juga sangat gampang, tinggal memilih gambar dari ruangan yang akan dibuat desainnya. Setelah itu, tinggal bereksperimen saja.

Homestyler mengusung mode 3D dengan resolusi tinggi sehingga user dapat menilai seberapa bagus desain rumah yang sudah dibuat. Jika butuh bantuan pengguna lain, jangan segan untuk bergabung di komunitas pengguna untuk mendapatkan feedback.

7. Design Home

Design-Home

Aplikasi Design Home menawarkan fitur interface yang dapat mempermudah proses merancang rumah impian. Disini, pengguna bisa memilih opsi mode 3D sehingga peletakkan furniture juga lebih gampang dilakukan. Apalagi, aplikasi ini mengusung tema drag and drop.

Menariknya, Design Home memungkinkan para pengguna untuk melihat karya desainer lain. Di samping itu juga dapat saling memberikan saran, sehingga bisa dijadikan referensi. Hal ini tentu akan meningkatkan kreativitas dan kualitas desain yang dibuat.

8. SketchUp

SketchUp

SketchUp merupakan salah satu aplikasi desain rumah android ringan dengan ukuran kecil. Tentunya sangat worth to install di smartphone kesayangan, karena tidak akan membuat memori penuh. Selain itu juga tidak akan membuat ponsel menjadi lambat.

Aplikasi ini perancang rumah satu ini memang sudah sangat famous, terutama dikalangan para desainer grafis profesional. Selain untuk merancang rumah, SketchUp juga dapat digunakan untuk mendesain hotel, apartemen, hingga mesin.

Untuk memanjakan para penggunanya, SketchUp menawarkan dua versi, yakni gratisan dan full version berbayar. Untuk mendapatkan layanan terlengkap, disarankan untuk menggunakan SketchUp Pro dengan fitur terbaru.

9. Floor Plan Creator

Floor-Plan-Creator

Bagi yang sedang mencari aplikasi untuk desain rumah dari awal, maka disarankan mengunduh Floor Plan Creator APK. Disini, pengguna bisa mengatur pembangunan hunian mulai dari Nol. Karena aplikasi ini menawarkan fitur mengatur luas lahan juga.

Sesuai namanya, Floor Plan Creator memang akan membuat pengguna merancang desain rumah sendiri. Meskipun proses pengerjaan cukup memakan waktu dan lebih sulit. Namun dijamin akan puas dengan hasilnya, karena dapat memudahkan pembangunan rumah real.

Untuk saat ini, aplikasi versi gratisnya hanya tersedia khusus bagi pengguna PC dan Android saja. Namun jika ingin menikmati fitur yang lebih lengkap, bisa memilih paid version. Dijamin tidak akan merasa kecewa meskipun harus mengeluarkan uang.

10. Home Design Architectural

Home-Design-Architectural

Aplikasi ini dapat dipakai untuk mengerjakan desain interior dan eksterior. Hadir dengan teknologi 3 Dimensi yang akan membuat sketsa tampak real, pengguna akan lebih mudah merealisasikan rancangan yang telah dibuat. Jadi, sangat worth to have.

Salah satu fitur unggulan dari Home Design Architectural adalah Render 360o Panoramas. Fitur ini memungkinkan pengguna melihat tampilan desain pada mode panorama tinggi. Meskipun diluncurkan dalam versi berbayar, namun bisa mencoba gratis dengan versi trial.

11. House Designer (Fix and Flip)

House-Designer-Fix-and-Flip

Mengusung konsep game yang fun, aplikasi House Designer sangat direkomendasikan sebagai stimulator dalam merenovasi atau mendesain rumah. Pengguna harus menggunakan sisi kreatifnya untuk bisa menyelesaikan misi yang diberikan.

Menariknya, untuk furniture interior rumah sudah disediakan secara lengkap. Jadi tinggal ambil sesuai yang dibutuhkan, dan kemudian letakkan di tempat tertentu. Dengan begitu, maka pengguna tidak perlu bingung memikirkan bagaimana cara membuat perabotan.

Apabila berhasil menyelesaikan misi, maka pengguna akan mendapatkan sejumlah uang yang bisa dipakai untuk beli atau renovasi rumah. Bagi yang malas membuat rancangan desain, silahkan coba aplikasi ini untuk memancing kreativitas.

Setiap aplikasi desain rumah pasti memiliki keunggulan dan juga kekurangan. Apalagi kalau yang digunakan adalah versi gratis, dimana pasti ada sebagian fitur yang tidak lengkap. Namun jika hanya untuk merancang hunian pribadi, masih tetap layak untuk dicoba.

 

Lihat Juga Aplikasi Desain Lainnya :

  1. InShot Pro Mod Apk Full Efek Filter Tanpa Watermark

  2. Lightroom Mod Pro Apk Terbaru Full Preset

  3. PicsArt Pro Photo Studio Apk Mod Full Unlocked

  4. KineMaster Pro Mod Apk Tanpa Watermark dan Root

  5. PixelLab Pro Mod APK Full Font Unlock Terbaru

  6. Picsay Pro Apk Mod Full Font Photo Editor Terbaru